Kegiatan Brainstorming Antara Fak. Hukum Unitas Padang Dengan KBRI Indonesia di Malaysia


Minggu, 15 September 2019|15:12:05 |Dibaca : 33 Pembaca
about img

Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Tamansiswa Padang (Unitas) turut berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Selasa (3/9/2019)

 

Dalam kunjungan tersebut, Civitas Akademika Universitas Tamansiswa Padang yang berjumlah 11 orang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi beserta Dosen dan Staf administrasi dalam rangka kegiatan Penjajakan Kerjasama. seluruh rombongan disambut staf Atase Dikbud Bidang Hukum KBRI Kuala Lumpur, Erwinsyah, SH.LLM.

 

Dalam kunjungan ini, Civitas Akademika Universitas Tamansiswa saling berdiskusi dengan pihak KBRI, terutama tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Malaysia. Mulai dari kasus TKI Ilegal hingga nasib anak-anak TKI yang berstatus stateless atau tak bernegara.

 

Erwinsyah menyebut, KBRI Kuala Lumpur memiliki banyak program untuk anak-anak TKI yang berstatus stateless, seperti dengan mendirikan Community Center Learning (CLC) karena mereka tak bisa sekolah di Malasyia. Namun CLC baru ada di Serawak dan Sabah. Selain itu kebanyakan TKI yang ada bekerja di Negara Malaysia adalah di sektor Non Formal dengan rata-rata masih berpendidikan rendah.

 

 â€œBagaimanapun kita tamu di negara ini sehingga jika kita ingin melakukan sesuatu harus sesuai dengan peraturan yang ada di Malaysia,"ujarnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Hukum Unitas Nurlinda Yenti, SH.MH mengungkapkan keinginan untuk bekerja sama dengan KBRI Indonesia di Malaysia dan juga PJTKI yang mengelola TKI yang bekerja di Negara Malaysia berupa Program-Program Kemitraan seperti penyuluhan dan pendampingan hukum terhadap para calon calon TKI yang akan bekerja maupun yang telah bekerja di Malaysia tersebut sehingga para calon TKI ini mempunyai pengetahuan tentang aturan dan dasar dasar hukum ketenagakerjaan pada Negara tempat mereka akan bekerja.

 

Selain itu Dekan Fak. Hukum Unitas padang juga mengungkapkan keinginannya untuk bisa bekerja sama dengan Perguruan tinggi yang ada di Negara Malaysia dalam hal pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang difasilitasi oleh KBRI dan Kemenristek Dikti.

 

Pada penghujung acara pertemuan pihak KBRI dan Fakultas Hukum unitas padang bertukar Cindramata dengan pemberian kenang-kenangan dan diakhiri dengan foto bersama dengan perwakilan KBRI atase dikbud bidang hukum.  

 

Link Utama